BUPATI HADIRI RAKORDA ANTISIPASI BENCANA BANJIR TANAH LONGSOR

JAMBI Bupati Tanjab Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM bersama Bupati/Waki Kota se Provinsi Jambi menghadiri Rapat Koordinasi Daerah dalam rangka Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. Selasa (17/11) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap yang dihadiri Korem 042 GAPU dan Polda Jambi, para sfar ahlli dan Asisten Sekda Prov Jambi, kepada BPBK Se- Provinsi Jambi dan unsur terkait lainnya.

Menurut Sekda rakor ini khusus mengevaluasi  kesiap siagaan menghadapi bencana yang disesuaikan kepada tugas masing-masing instansi/SKPD.

“Rakor nantinya akan menghasilkan bahan atau data-data masukan dari tiap SKPD, maupun lembaga-lembaga terkait lainnya yang berasal juga dari dari SKPD Kab/Kota yang akan dikoordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi” kata Sekda.

Dalam rakor bersama ini Sekda menginstruksikan kepada lembaga terkait dan kepada BPBD dan BPBK untuk menyusun buku evaluasi manual tentang kesiapan alat-alat dan personil penanggulangan bencana serta siapa personil yang akan diturunkan/bertanggungjawab mengoperasikan perlatan apabila bencana benar-benar terjadi.

Hal ini menurut Sekda berguna untuk mengukur kekuatan dan kemampuan lembaga (pemerintah) dalam tanggap darurat bencana.

Hal yang terpenting lagi kata Ridhan, daerah mengkaji Peta lokasi rawan banjir dan longsor. Sehingga antisipasi bencana banjir dan tanah longsor dapat diminimalisir sedini mungkin,” tegas Sekda Ridhan Priskap.

Dalam Rakor itu, selain membahas langkahlangkah cepat antisipasi bencana banjir dan tanah langor para Bupati dan Walikota memberikan penjelasan tentang keadaan rawan daerahnya akan bencana banjir maupun tanah longsor.

Seperti Bupati Tanjab Barat H. Usman Ermulan, menyampaikan, wilayah Kabupaten Tanjab Barat yang rawan adalah Tungkal Ilir. Karena dekat dengan muara laut yang berakibat pasang surut. “Namun banjir ini tidak bertahan lama atau dapat dikatakan musiman,” ujar Usman.

Lanjut Dia, mengenai kebakaran lahan dan hutan yang terjadi beberapa bulan lalu. Alhamdulillah satgas di Kabupaten kami, Tanjab Barat efektif dalam penanganan bencana kebakaran kemarin.

Begitu juga dengan antisipasi banjir, akan ditempatkan poskoposko tenda nantinya jika ada bencana banjir, sementara Itu yang dapat kita laporkan, timpal Usman.

Dari Tanjab Barat hadir menyertai Bupati, Kepala BPBK Saipuddin, SH, Kadis Sosnakertrans Ismunandar, SH. Kadis Kesehatan dr. Ahmad Putra, M.Kes. Kadis Pendidikan Wahidin, S.Pd, MM.

Author

1 Comment

  • Sincere

    salah satu kendala misargi ke oss adalah masalah aplikasi-aplikasi yang digunakan sehari-hari.sebetulnya banyak sekali aplikasi di oss yang tidak kalah dengan aplikasi proprietary, sayangnya, kebiasaan yang sudah terlanjur mendarah-daging membuat banyak orang enggan untuk belajar…Salam Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *